Pesona Pulau Kiluan Yang Mengangumkan

Posted by www.evanazka.com

Publish Date 02/03/2015 2:49:24
Rating 1331

Category Info Wisata & Liburan

Pesona Pulau Kiluan Yang Mengangumkan

Siapa yang pernah ke Kiluan? Nama Teluk Kiluan cukup terkenal di kalangan pecinta jalan-jalan. Apa lagi kalau bukan karena lumba-lumbanya yang begitu banyak. Disana wisatawan; dengan menggunakan jukung; dapat menyaksikan lumba-lumba beratraksi di lautan lepas. Sungguh mengagumkan! Tentunya sebuah sensasi yang luar biasa bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba di lautan lepas.

 
Namun ternyata Teluk Kiluan tidak hanya soal Lumba_Lumba saja loh! Ada satu lagi nih objek wisata di Kiluan yang sayang untuk dilewatkan. Laguna namanya. Laguna ini merupakan semacam kolam air yang terbentuk karena lewatnya air laut melalui celah-celah dinding karang. Air ini terkurung di antara dinding-dinding karang tersebut. Sehingga membentuk semacam kolam renang alami. Airnya cukup tenang sehingga sangat asyik digunakan untuk berenang dan basah-basahan. Seru…!

 
Jadi ceritanya, hari itu selepas menyaksikan lumba-lumba kami berangkat menuju Laguna setelah singgah terlebih dahulu di penginapan. Awalnya saya pribadi malas dan ingin stay di penginapan saja, tidur-tiduran maksudnya. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, sayang rasanya melewatkan objek yang belum pernah saya kunjungi ini. Dulu tahun 2010, saya tidak sempat bahkan tidak tahu kalau ada tempat bernama Laguna ini.

 

Untuk menuju kesana kita harus trekking melintasi bukit dari perkampungan penduduk di Pulau Kiluan. Oya, perlu diingat, ini bukan Laguna yang di Pulau Kelapa loh! Di Pulau Kelapa memang ada juga semacam laguna seperti ini. Laguna ini masih terletak di daratan. Kalau yang di Pulau Kelapa memang sudah lebih terkenal. Namun ini bukan laguna yang itu. Jika anda bingung tanya saja pada penduduk setempat. Mereka kemungkinan besar pasti tahu tempat ini.

Perkampungan penduduk di Kiluan. Canon EOS 500D

 

Lama perjalanan menuju ke tempat ini kurang lebih 30-45 menit. Kita akan melewati hutan dan perkebunan.

 

Setelah naik dan turun bukit maka kita akan bertemu dengan pantai. Ombak di pantai ini cukup kuat. Lihat saja teman-teman saya berikut ini…he…he..he… Ada yang sampai jatuh karena sapuan ombaknya ^_^.

Sampai di pantai. Canon EOS 500D

 

Setelah menyusuri pantai kita akan menyusuri pinggir laut melewati batu-batu karang. Hati-hati dengan langkah anda. Ceroboh sedikit bisa fatal akibatnya. Disini kita juga dapat menemukan semacam jalur air dibawah-bawah batu karang. Hmmm..sepertinya seru nih kalau berenang di kolong-kolong di bawah batu karang ini. Eit, tapi itu hanyalah imajinasi saya saja. Berbahaya pastinya berenang dibawah sana karena hempasan ombaknya cukup kuat. Kita bisa terbawa arus ke tengah dibuatnya.

Melewati bebatuan

Hati-hati dengan langkah anda :)

 

Setelah bersusah payah melewati tebing dan bebatuan, maka kita akan menemukan sebuah kolam berair tenang yang diapit oleh dinding-dinding karang. Itu dia, Laguna!

Itu dia Laguna! :)

 

Ciamik! Kamipun bergegas nyemplung dan menikmati segarnya air laut di Laguna ini. Bentuknya memanjang dan sedikit berbentuk oval. Kedalamannya berkisar antara 1-3 meter. Dibagian salah satu ujung laguna terdapat saluran yang menghubungkan Laguna ini dengan laut lepas. Hati-hati, jangan berenang terlalu ke ujung melewati saluran penghubung ini, karena bisa-bisa anda terbawa arus balik. Di Laguna ini kita juga dapat menemukan ikan-ikan kecil yang acapkali bersembunyi di cekungan dibawah dinding karang. Jika anda ingin menyaksikan ikan-ikan tersebut maka mau tidak mau anda harus sedikit menyelam ke dalam.

Loncaaatt! He...he..

 

Sesekali ombak menghempas ke dinding yang berbatasan dengan laut lepas sehingga tumpahan airnya jatuh ke dalam Laguna. Hal ini tentunya menambah seru suasana. Beberapa teman-teman beberapa kali terpekik karena hempasan ombak tersebut. Ada juga teman yang ketagihan meloncat dari salah satu dinding karang kea rah Laguna.

Dapatkan Paket Wisata Promo 2015 Pulau Kiluan

Sumber : www.viewindonesia.com

paket wisata dieng
Wisata Klaten
Wisata Boyolali
Wisata Garut
paket wisata bandung Cara Menghilangkan Jerawat